February 25, 2009

RPP PKn Kls XII Semester 1 dan 2 MA/SMA

Yth. Rekan-rekan pembina mata pelajaran PKn di manapun berada, mengingat banyaknya pertanyaan dan permintaan akan perangkat pembelajaran hususnya pelajaran PKn, maka pada kali ini saya dapat memposting RPP PKn kelas XII dulu, mudahan dalam waktu dekat saya dapat memposting untuk anda perangkat yang lain seperti Silabus, Materi pembelajaran, Modul PKn, Bank Soal, Metode Pembelajaran PAIKEM PKn, dll. Selamat bertugas dan Sukses selalu untuk kita semua......
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( RPP )

Mata Pelajaran : Pendidikan Kewarganegaraan
Kelas / Semester : XII / 1
Pertemuan Ke- : 1 dan 2
Alokasi Waktu : 4 x 45 menit
Standar Kompetensi : 1. Menampilkan sikap positif terhadap Pancasila sebagai
idiologi terbuka
Kompetensi Dasar : 1.1. Mendeskripsikan Pancasila sebagai idiologi terbuka
Indikator : 1.1.1. Mendeskripsikan pengertian idiologi menurut para ahli
1.1.2. Menganalisis Pancasila sebagai idiologi negara 1.1.3. Menguraikan sejarah perumusan Pancasila
1.1.4. Menunjukkan rumusan defenitif Pancasila
1.1.5. Menguraikan fungsi Pancasila sebagai idiologi Negara RI
1.1.6. Mendeskripsikan idiologi terbuka dan tertutup
1.1.7.MenyimpulkanPancasilasebagaiidiologi terbuka

I. Tujuan Pembelajaran

1. Siswa dapat menyebutkan pengertian idiologi menurut ahli
2. Siswa dapat menjelaskan dua kutub idiologi
3. Siswa dapat menguraikan makna Pancasila sebagai idiologi negara
4. Siswa dapat menguraikan secara singkat sejarah perumusan Pancasila
5. Siswa dapat mengemukakan rumusan rancangan dasar negara menurut Ir Soekarno
6. Siswa dapat mengemukakan alasan tidak dipakainya Piagam Jakarta sebagai Dasar
Negara Republik Indonesia
7. Siswa dapat menyebutkan hasil sidang PPKI
8. Siswa dapat mengemukakan rumusan definitif Pancasila
9. Siswa dapat menyebutkan empat fungsi fungsi pokok Pancasila sebagai idiologi negara
10. Siswa dapat menyebutkan ciri-ciri idiologi tertutup
11. Siswa dapat menyebutkan ciri-ciri idiologi terbuka
12. Siswa dapat membuktikan bahwa Pancasila adalah idiologi terbuka

II. Materi Pembelajaran

Pertemuan 1 :
1. Konsepsi idiologi menurut para ahli
2. Pancasila sebagai idiologi negara
3. Sejarah perumusan Pancasila
4. Rumusan definitif Pancasila

Pertemuan 2 :
5. Fungsi Pancasila sebagai idiologi negara RI
6. Idiologi terbuka dan idiologi tertutup
7. Pancasila sebagai idiologi terbuka

III. Pendekatan dan Metode
1. Pendekatan : PAIKEM dan CTL model Word Square dan Make – A Match
2. Metode : Informasi, diskusi, tanya-jawab dan penugasan

IV. Langkah-langkah Pembelajaran

Pertemuan 1 dan 2 :

A. Kegiatan awal ( 20 menit )
1. Apersepsi dan motivasi
2. Review pelajaran minggu lalu melalui tanya jawab
3. Menyampaikan pokok materi hari ini
4. Mengimformasikan kompetensi dasar yang ingin dicapai pada pertemuan kali ini
B. Kegiatan inti (140 menit)

Mengkaji berbagai literatur tentang :
Pertemuan 1 :
1. Konsep idiologi menurut para ahli
2. Pancasila sebagai idiologi negara, sejarah perumusan Pancasila, rumusan defenitif
Pancasila
3. Pendalaman materi menggunakan metode Word Square
Pertemuan 2 :
4. Fungsi Pancasila sebagai idiologi negara
5. Idiologi terbuka dan idiologi tertutup
6. Diskusi tentang Pancasila sebagai Idiologi terbuka
7. Pendalaman materi dengan metode Make – A Match

C. Kegiatan akhir (20 menit)
1. Refleksi dan guru memberi penguatan materi dan pelurusan konsep
2. Guru dan siswa mengambil kesimpulan akhir
3. Penugasan membuat rangkuman hasil diskusi yang dikumpulkan minggu depan

V. Alat dan Sumber Belajar

1. Alat : Kertas Word Square dan Kartu Make A Match, Gambar/Foto, Bagan

2. Sumber Belajar : a. Bambang Suteng, dkk, 2006, PKn kls XII, Erlangga, Jakarta, hal. 1 – 18
b. Budiyanto, 2006, PKn kelas XII, Erlangga, Jakarta, hal. 1 – 18
c. Drs. Chotib, dkk, 2006, PKn kelas XII, Yudhistira, Jakarta, hal. 1 – 4
d. Sumber lain yang sesuai dengan materi pokok bahasan

VI Penilaian

1. Prosedur : Tertulis

2. Alat Penilaian : Pilihan Ganda, Uraian dan lembar pengamatan Proses Diskusi

VII. Intrumen Penilaian ( lihat lampiran 1 )

Praya, Juli 2008

Mengetahui Guru Mata Pelajaran
Kepala MAN I praya


Drs. H. MASRIADI, MA Drs. MUNAWAR KHOLIL
NIP 150 201 978 NIP 150 256 226




RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( RPP )

Mata Pelajaran : Pendidikan Kewarganegaraan
Kelas / Semester : XII / 1
Pertemuan Ke- : 3 dan 4
Alokasi Waktu : 4 x 45 menit
Standar Kompetensi : 1. Menampilkan sikap positif terhadap Pancasila sebagai
idiologi terbuka
Kompetensi Dasar : 1.2. Menganalisis Pancasila sebagai sumber nilai dan
paradigma pembangunan
Indikator : 1.2.1. Mendeskripsikan Pancasila sebagai sumber nilai
1.2 2 MndeskripsikanPengertianparadigma Pembangunan
12.3. Mendeskripsikan pengertian pembangunan
1.2.4. Mendeskripsikan Pancasila sebagai paradigma
pembangunan

I Tujuan Pembelajaran

1. Siswa dapat menyebutkan nilai dasar yang terkandung dalam Pancasila
2. Siswa dapat menjelaskan nilai interumental Pancasila
3. Siswa dapat memberikan contoh nilai intrumental
4. Siswa dapat menjelaskan nilai praksis Pancasila
5. Siswa dapat memberikan contoh nilai paraksis
6. Siswa dapat mengemukakan pengertian paradigma
7. Siswa dapat mengemukakan pengertian pembangunan
8. Siswa dapat menguraikan makna Pancasila sebagai paradigma pembangunan
9. Siswa dapat menjelaskan proses emansipasi bangsa dalam pembangunan
10. Siswa dapat menjelaskan proses modernisasi dalam pembangunan
11. Siswa dapat menjelaskan proses humanisasi dalam pembangunan
12. Siswa dapat menjelaskan bahwa pembangunan tidak boleh bersifat pragmatis
13. Siswa dapat menjelaskan bahwa pembangunan tidak boleh bersifat idiologis
14. Siswa dapat menjelaskan bahwa pembangunan itu harus menghormati HAM
15. Siswa dapat menjelaskan bahwa pembangunan itu harus dilakukan dengan cara demokratis
16. Siswa dapat menjelaskan bahwa pembangunan itu memperioritaskan dalam penciptaan
taraf minimum keadilan sosial

II. Materi Pembelajaran

Pertemuan 1 :
1. Pancasila sebagai sumber nilai
a. Nilai Dasar
b. Nilai Instrumental
c. Nilai Praksis

Pertemuan 2 :
2. Pancasila sebagai paradigma pembangunan


III. Pendekatan dan Metode
1. Pendekatan : PAIKEM dan CTL model Kepala Bernomor (Numbered Heads Together)
2. Metode : Informasi, diskusi, tanya-jawab dan penugasan

IV. Langkah-langkah Pembelajaran

Pertemuan 1 dan 2 :

A. Kegiatan awal ( 20 menit )
1. Apersepsi dan motivasi
2. Review pelajaran minggu lalu melalui tanya jawab
3. Menyampaikan pokok materi hari ini
4. Mengimformasikan kompetensi dasar yang ingin dicapai pada pertemuan kali ini
B. Kegiatan inti (140 menit)

Mengkaji literatur tentang :
Pertemuan 1 :
1. Pancasila sebagai sumber nilai, antara lain :
a. Nilai Dasar
b. Nilai Instrumental
c. Nilai Parksis
2. Pendalaman materi memakai metode Kepala bernomor (Numbered Heads Together)
Pertemuan 2 :
3. Pancasila sebagai paradigma pembangunan
4. Diskusi Pancasila sebagai sumber nilai dan paradigma pembangunan
5. Pendalaman materi dengan metode Kepala bernomor (Numbered Heads Together)

C. Kegiatan akhir (20 menit)
1. Refleksi dan guru memberi penguatan materi dan pelurusan konsep
2. Guru dan siswa mengambil kesimpulan akhir
3. Penugasan membuat rangkuman hasil diskusi yang dikumpulkan minggu depan

V Alat dan Sumber Belajar

1. Alat : Kartu Nomor siswa, Gambar/Foto, Bagan

2. Sumber Belajar : a. Bambang Suteng, dkk, 2006, PKn kls XII, Erlangga, Jakarta,hal.19 – 23
b. Budiyanto, 2006, PKn kelas XII, Erlangga, Jakarta, hal. 30 – 37
c. Drs. Chotib, dkk, 2006, PKn kelas XII, Yudhistira, Jakarta, hal. 4 - 7
d. Sumber lain yang sesuai dengan materi pokok bahasan


VI. Penilaian
1. Prosedur : Tertulis

2. Alat Penilaian : Pilihan Ganda, Uraian dan lembar pengamatan Proses Diskusi
VII. Intrumen Penilaian ( lihat lampiran 2 )


Praya, Juli 2008
Mengetahui Guru Mata Pelajaran
Kepala MAN I praya


Drs. H. MASRIADI, MA Drs. MUNAWAR KHOLIL
NIP 150 201 978 NIP 150 256 226


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( RPP )

Mata Pelajaran : Pendidikan Kewarganegaraan
Kelas / Semester : XII / 1
Pertemuan Ke- : 5 dan 6
Alokasi Waktu : 4 x 45 menit
Standar Kompetensi : 1. Menampilkan sikap positif terhadap Pancasila sebagai
idiologi terbuka
Kompetensi Dasar : 1.3. Menampilkan sikap positif terhadap Pancasila sebagai
idiologi terbuka
Indikator : 1.3.1. Memberikan contoh sikap positif terhadap Pancasila
sebagai idiologi terbuka yang berkaitan dengan sila
Ketuhanan Yang Maha Esa
1.3.2. Memberikan contoh sikap positif yang berkaitan dengan
ila Kemanusiaan Yang Adil dan Beradab
1.3.3. Memberikan contoh sikap positif yang berkaitan dengan
sila Persatuan Indonesia
1.3.4. Memberikan contoh sikap positif yang berkaitan dengan
sila Kerakyatan yang dipimpin oleh Hikmat kebijaksanaan
dalam permusyawaratan perwakilan
1.3.5. Memberikan contoh sikap positif sesuai dengan sila
Keadilan sosial bagi seluruh rakyat Indonesia


I. Tujuan Pembelajaran

1. Siswa dapat mengemukakan masalah yang bisa terjadi bilamana Pancasila sebagai idiologi
terbuka
2. Siswa dapat mengemukakan contoh sikap positif yang berkaitan dengan sila pertama
3. Siswa dapat mengemukakan contoh sikap positif yang berkaitan dengan sila kedua
4. Siswa dapat mengemukakan contoh sikap positif yang berkaitan dengan sila ketiga
5. Siswa dapat mengemukakan contoh sikap positif yang berkaitan dengan sila keempat
6. Siswa dapat mengemukakan contoh sikap positif yang berkaitan dengan sila kelima

II. Materi Pembelajaran

Pertemuan 1 :
Sikap positif terhadap Pancasila sebagai idiologi terbuka, berkaitan dengan sila :
a. Ketuhanan Y M E
b. Kemanusiaan Yang Adil dan Beradab
c. Persatuan Indonesia

Pertemuan 2 :
d. Kerakyatan yang dipimpin oleh hikmat kebijaksanaan dalam permusyawaratan
perwakilan
e. Keadilan sosial bagi seluruh rakyat Indonesia

III. Pendekatan dan Metode
1. Pendekatan : PAIKEM dan CTL model Word Square
2. Metode : Informasi, tanya-jawab

IV. Langkah-langkah Pembelajaran

Pertemuan 1 dan 2 :

A. Kegiatan awal ( 20 menit )
1. Apersepsi dan motivasi
2. Review pelajaran minggu lalu melalui tanya jawab
3. Menyampaikan pokok materi hari ini
4. Mengimformasikan kompetensi dasar yang ingin dicapai pada pertemuan kali ini
B. Kegiatan inti (140 menit)
Mengkaji literatur tentang :
Pertemuan 1 :
1. Diskusi tentang contoh sikap positif terhadap Pancasila sebagai idiologi terbuka sesuai
Dengan sila pertama, kedua dan ketiga
2. Pendalaman materi menggunakan Word Square
Pertemuan 2 :
3. Diskusi tentang contoh sikap positif terhadap Pancasila sebagai idiologi terbuka sesuai
Dengan sila keempat dan kelima
4. Pendalaman materi menggunaklan metode Word Square

C. Kegiatan akhir (20 menit)
1. Refleksi dan guru memberi penguatan materi dan pelurusan konsep
2. Guru dan siswa mengambil kesimpulan akhir

V. Alat dan Sumber Belajar

1. Alat : Lembar Word Square, Gambar/Foto, Bagan
2. Sumber Belajar :a. Bambang Suteng, dkk, 2006, PKn kls XII, Erlangga, Jakarta,hal. 23 - 27
b. Budiyanto, 2006, PKn kelas XII, Erlangga, Jakarta, hal. 43 - 45
c. Drs. Chotib, dkk, 2006, PKn kelas XII, Yudhistira, Jakarta, hal. 8 - 12
d. Sumber lain yang sesuai dengan materi pokok bahasan

VI. Penilaian

1. Prosedur : Tertulis

2. Alat Penilaian : Pilihan Ganda, Uraian dan lembar pengamatan Proses Diskusi

VII. Intrumen Penilaian ( lihat lampiran 3 )


Praya, Juli 2008
Mengetahui Guru Mata Pelajaran
Kepala MAN I praya


Drs. H. MASRIADI, MA Drs. MUNAWAR KHOLIL
NIP 150 201 978 NIP 150 256 226


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( RPP )

Mata Pelajaran : Pendidikan Kewarganegaraan
Kelas / Semester : XII / 1
Pertemuan Ke- : 7 dan 8
Alokasi Waktu : 4 x 45 menit
Standar Kompetensi : 2. Mengevaluasi berbagai sistem pemerintahan
Kompetensi Dasar 2.1. Menganalisis sistem pemerintahan di berbagai negara
Indikator : 2.1.1. Mendeskripsikan sistem pemerintahan
2.1.2. Mendeskripsikan bentuk negara dan pemerintahan
2.1.3. Mendeskripsikan jenis pemerintahan parlementer dan
presidensial
2.1.4. Mendeskripsikan ciri pemerintahan parlementer dan
presidensial
2.1.5. Menguraikan sistem pemerintahan komunisme
2.1.6. Menyimpulkan tentang induk sistem pemerintahan
2.1.7. Menyimpulkan tentang pengruh sistem pemerintahan
suatu negara terhadap negara lain

I. Tujuan Pembelajaran

1. Siswa dapat menjelaskan arti dari sistem pemerintahan
2. Siswa dapat menjelaskan bentuk-bentuk negara
3. Siswa dapat menjelaskan bentuk-bentuk pemerintah
4. Siswa dapat menjelaskan bentuk-bentuk pemerintahan
5. Siswa dapat menjelaskan bentuk – bentuk pemerintahan menurut Aristoteles
6. Siswa dapat menguraikan teori pemerintahan menurut Siklus Polybios
7. Siswa dapat menjelaskan bentuk-bentuk pemerintahan menurut Ranney
8. Siswa dapat mengemukakan jenis-jenis sistem pemerintahan
9. Siswa dapat menganalisis karakteristik / ciri sistem pemerintahan parlementer
10. Siswa dapat menganalisis karakteristik / ciri sistem pemerintahan presidensial
11. Siswa dapat mengemukakan prinsip-prinsip sistem pemerintahan parlementer
12. siswa dapat mengemukakan prinsip-prinsip sistem pemerintahan presidensial
13. Siswa dapat menerangkan secara garis besar sistem pemerintahan di negar komunis
14. Siswa dapat menjelaskan induk dari sistem parlementer
15. Siswa dapat menjelaskan induk dari sistem presidensial
16. Siswa dapat menjelaskan pengaruh sistem pemerintahan suatu negara terhadap sistem
pemerintahan negara lain


II. Materi Pembelajaran

Pertemuan 1 :
1. Sistem dan sistem pemerintahan
2. Bentuk negara, bentuk pemerintah dan bentuk pemerintahan
Pertemuan 2 :
3. Jenis-jenis sitem pemerintahan :
a. Parlementer
b. Presidensial
c. Sistem pemerintahan di negara Komunis
4. Induk sistem pemerintahan
5. Pengaruh sistem pemerintahan suatu negara terhadap negara lain


III. Pendekatan dan Metode
1. Pendekatan : PAIKEM dan CTL model Jig Saw ( Tim Ahli ) dan Make A - Match
2. Metode : Informasi, tanya-jawab dan diskusi


V. Alat dan Sumber Belajar

1. Alat : Lembar Tugas dan Kartu Make A – Match, Gambar/Foto, Bagan

2 Sumber Belajar : a. Bambang Suteng, dkk, 2006, PKn kls XII, Erlangga, Jakarta,hal. 34 - 55
b. Budiyanto, 2006, PKn kelas XII, Erlangga, Jakarta, hal. 52 - 74
c. Drs. Chotib, dkk, 2006, PKn kelas XII, Yudhistira, Jakarta, hal. 17 – 28
d. Undang Undang Dasar 1945
e. Sumber lain yang sesuai dengan materi pokok bahasan


VI. Penilaian

1. Prosedur : Tertulis

2. Alat Penilaian : Pilihan Ganda, Uraian dan lembar pengamatan Proses Diskusi

VII. Intrumen Penilaian ( lihat lampiran 4 )




Praya, Juli 2008
Mengetahui Guru Mata Pelajaran
Kepala MAN I praya


Drs. H. MASRIADI, MA Drs. MUNAWAR KHOLIL
NIP 150 201 978 NIP 150 256 226



RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( RPP )

Mata Pelajaran : Pendidikan Kewarganegaraan
Kelas / Semester : XII / 1
Pertemuan Ke- : 9 dan 10
Alokasi Waktu : 4 x 45 menit
Standar Kompetensi : 2. Mengevaluasi berbagai sistem pemerintahan
Kompetensi Dasar 2.2. Menganalisis pelaksanaan sistem pemerintahan negara Indonesia
Indikator : 2.2.1. Menganalisis lembaga negara sebelum amandemen
UUD 1945
2.2.2. Menganalaisis lembaga negera RI setelah amandemen
UUD 1945
2.2.3. Mendeskripsikan kunci pokok sistem pemerintahan
negara RI
2.2.4. Menunjukkan perbedaan lembaga negara sebelum
dengan sesudah perubahan UUD 1945
2.2.5. Mendeskripsikan sistem pemerintahan yang pernah
berlaku di Indonesia
2.2.6. Menguraikan pelaksanaan sistem pemerintahan di masa
reformasi

I. Tujuan Pembelajaran

1. Siswa dapat menyebutkan ketentuan dalam UUD 1945 yang menunjuk kepada sistem
pemerintahan presidensial
2. Siswa dapat menggambarkan struktur lembaga negera RI sebelum amandemen UUD 1945
3. Siswa dapat menggambarkan struktur lembaga negara RI setelah amandemen UUD 1945
4. Siswa dapat membandingkan struktur lembaga negara sebelum dengan sesudah perubahan
UUD 1945
5. Siswa dapat menguraikan tujuh kunci pokok sistem pemerintahan RI
6. Siswa dapat menguraikan sistem pemerintahan pada awal kemerdekaan
7. Siswa dapat menguraikan sistem pemerintahan di masa Konstitusi RIS
8. Siswa dapat menguraikan sistem pemerintahan di masa UUDS 1950
9. Siswa dapat menguraikan sistem pemerintahan dimasa demokrasi terpimpin 5 Juli 1959 –
1966
10. Siswa dapat menguraikan sistem pemerintahan di masa orde baru
11. Siswa dapat menguraikan sistem pemerintahan di masa reformasi


II. Materi Pembelajaran

Pertemuan 1 :
1. Lembaga negara sebelum dan sesudah amandemen Uud 1945
2. Popkok-pokok sistem pemerintahan negara RI
Pertemuan 2 :
3. Sejarah pelkasanaan sistem pemerintahan negara RI
a. Awal kemerdekaan
b. Konstitusi RIS
c. Masa UUDS 1950
d. Masa demokrasi terpimpin 5 Juli 1959 – 1966
e. Masa Orba
f. Masa reformasi


]III. Pendekatan dan Metode
1. Pendekatan : PAIKEM dan CTL model Jig Saw ( Tim Ahli ) dan Numbered Heads Tugether

2. Metode : Informasi, tanya-jawab dan diskusi

V. Alat dan Sumber Belajar

1. Alat : Kertas materi diskusi dan kartu nomor kepala, Gambar/Foto, Baga 2. Sumber Belajar : a. Bambang Suteng, dkk, 2006, PKn kls XII, Erlangga, Jakarta,hal. 56 - 71
b. Budiyanto, 2006, PKn kelas XII, Erlangga, Jakarta, hal. 75 - 80
c. Drs. Chotib, dkk, 2006, PKn kelas XII, Yudhistira, Jakarta, hal. 28 – 36
d. Budiyanto, 2004, PKn Kelas XII, Erlangga, Jakarta, hal. 31 - 39
d. Undang Undang Dasar 1945
e. Sumber lain yang sesuai dengan materi pokok bahasan

VI. Penilaian

1. Prosedur : Tertulis

2. Alat Penilaian : Pilihan Ganda, Uraian dan lembar pengamatan Proses Diskusi

VII. Intrumen Penilaian ( lihat lampiran 5 )




Praya, Juli 2008
Mengetahui Guru Mata Pelajaran
Kepala MAN I praya


Drs. H. MASRIADI, MA Drs. MUNAWAR KHOLIL
NIP 150 201 978 NIP 150 256 226



RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( RPP )

Mata Pelajaran : Pendidikan Kewarganegaraan
Kelas / Semester : XII / 1
Pertemuan Ke- : 11 dan 12
Alokasi Waktu : 4 x 45 menit
Standar Kompetensi : 2. Mengevaluasi berbagai sistem pemerintahan
Kompetensi Dasar : 2.3. Membandingkan pelaksanaan sistem pemerintahan yang
berlaku di Indonesia dengan negara lain
Indikator : 2.3.1. Menganalisis sistem pemerintahan berbagai negara
2.3.2. Membandingkan sistem pemerintahan Indonesia dengan
pemerintahan di berbagai negara

I. Tujuan Pembelajaran

1. Siswa dapat membandingkan pelaksanaan sistem pemerintahan Indonesia dengan Amerika
Serikat
2. Siswa dapat membandingkan pelaksanaan sistem pemerintahan Indonesia dengan Inggris
3. Siswa dapat membandingkan pelaksanaan sistem pemerintahan Indonesia dengan RRC
4. Siswa dapat membandingkan pelaksanaan sistem pemerintahan Indonesia dengan Kanada
5. Siswa dapat membandingkan pelaksanaan sistem pemerintahan Indonesia dengan Swiss
6. Siswa dapat membandingkan pelaksanaan sistem pemerintahan Indonesia dengan Pakistan
7. Siswa dapat membandingkan pelaksanaan sistem pemerintahan Indonesia dengan Prancis
8. Siswa dapat membandingkan pelaksanaan sistem pemerintahan Indonesia dengan India

II. Materi Pembelajaran

Pertemuan 1 :
1. Perbandingan sistem pemerintahan Indonesia dengan Negara Amerika Serikat
2. Perbandingan sistem pemerintahan Indonesia dengan Negara Inggris
3. Perbandingan sistem pemerintahan Indonesia dengan Negara RRC
4. Perbandingan sistem pemerintahan Indonesia dengan Negara Kanada
Pertemuan 2 :
5. Perbandingan sistem pemerintahan Indonesia dengan Negara Swiss
6. Perbandingan sistem pemerintahan Indonesia dengan Negara Pakistan
7. Perbandingan sistem pemerintahan Indonesia dengan Negara Prancis
8. Perbandingan sistem pemerintahan Indonesia dengan Negara India


III. Pendekatan dan Metode
1. Pendekatan : PAIKEM dan CTL model Jig Saw ( Tim Ahli ) dan Tebak Kata

2. Metode : Informasi, tanya-jawab dan diskusi


V. Alat dan Sumber Belajar

1. Alat : Kertas materi diskusi dan kartu Tebak Kata, Gambar/Foto, Bagan
2 Sumber Belajar : a. Bambang Suteng, dkk, 2006, PKn kls XII, Erlangga, Jakarta,hal. 72 - 74
b. Budiyanto, 2006, PKn kelas XII, Erlangga, Jakarta, hal. 82 - 90
c. Drs. Chotib, dkk, 2006, PKn kelas XII, Yudhistira, Jakarta, hal. 22 - 26
d. Budiyanto, 2004, PKn Kelas XII, Erlangga, Jakarta, hal.11 – 14, 31 - 35
d. Undang Undang Dasar 1945
e. Sumber lain yang sesuai dengan materi pokok bahasan

VI. Penilaian

1. Prosedur : Tertulis

2. Alat Penilaian : Pilihan Ganda, Uraian dan lembar pengamatan Proses Diskusi

VII. Intrumen Penilaian ( lihat lampiran 6 )



Praya, Juli 2008
Mengetahui Guru Mata Pelajaran
Kepala MAN I praya


Drs. H. MASRIADI, MA Drs. MUNAWAR KHOLIL
NIP 150 201 978 NIP 150 256 226

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( RPP )

Ma ta Pelajaran : Pendidikan Kewarganegaraan
Kelas / Semester : XII / 2
Pertemuan Ke- : 1 dan 2
Alokasi Waktu : 4 x 45 menit
Standar Kompetensi : 3. Mengevaluasi peranan pers dalam masyarakat demokrasi
Kompetensi Dasar : 3.1. Mendeskripsikan pengertian, fungsi, peranan serta
perkembangan pers di Indonesia
Indikator : 3.1.1. Mendeskripsikan pengertian pers
3.1.2. Mendeskripsikan wahana-wahana komunikasi massa
3.1.3. Mendeskripsikan fungsi pers
3.1.4. Mendeskripsikan peranan pers
4.1 5 Menyimpulkan perkembangan pers di Indonesia

I. Tujuan Pembelajaran

1. Siswa dapat mengemukakan arti pers menurut Kamus Umum Bahasa Indonesia
2. Siswa dapat menjelaskan pengertian pers menurut UU No. 40 Tahun 1999 tentang Pers
3. Siswa dapat menguraikan mawana-wahana komunikasi massa
4. Siswa dapat mengemukakan dasar hukum kebebasan berpendapat dalam UUD 1945
5. Siswa dapat menjelaskan fungsi pers menurut UU No. 40 Tahun 1999
6. Siswa dapat menjelaskan peranan pers menurut UU No. 40 Tahun 1999
7. Siswa dapat menguraikan perkembangan pers di masa kolonial Belanda
8. Siswa dapat menguraikan perkembangan pers di masa penjajahan Jepang
9. Siswa dapat menguraikan perkembangan pers di masa demokrasi liberal
10. Siswa dapat menguraikan perkembangan pers di masa demokrasi terpimpin
11. Siswa dapat menguraikan perkembangan pers di masa Orde Baru
12. Siswa dapat menguraikan perkembangan pers di masa reformasi


II. Materi Pembelajaran

Pertemuan 1 :
1. Pemahaman tentang pers menurut UU No. 40 tahun 1999 tentang pers
2. Wahana-wahana komunikasi massa
Pertemuan 2 :
3. Fungsi dan peranan pers
4. perkembangan pers di Indonesia


III. Pendekatan dan Metode
a. Pendekatan : PAIKEM dan CTL model Jig Saw, Word Square dan Tebak Kata
b. Metode : Informasi, Tanya Jawab dan Diskusi


IV. Langkah-langkah Pembelajaran

Pertemuan 1 dan 2 :
A. Kegiatan awal ( 20 menit )
1. Apersepsi dan motivasi
2. Review pelajaran minggu lalu melalui tanya jawab
3. Menyampaikan pokok materi hari ini
4. Mengimformasikan kompetensi dasar yang ingin dicapai pada pertemuan kali ini

B. Kegiatan inti (140 menit)
Mengkaji literatur tentang :
Pertemuan 1 :
1. Pemahaman pers menurut UU No. 40 Tahun 1999 tentang pers
2. Wahana-wahana komunikasi massa
3. Pendalaman materi melalui tanya jawab dengan metode Tebak Kata
Pertemuan 2 :
4. Fungsi dan peranan pers
5. Perkembangan pers di Indonesia
6. Diskusi dengan metode Jig Saw
7. Pendalaman materi dengan metode Word Square

C. Kegiatan akhir (20 menit)
1. Refleksi dan guru memberi penguatan materi dan pelurusan konsep
2. Guru dan siswa mengambil kesimpulan akhir
3. Penugasan meresensi hasil diskusi dikumpulkan minggu depan

V. Alat dan Sumber Belajar

1. Alat : Lembar Materi Diskusi, Lembar Word Square dan Kartu Tebak Kata,
Gambar/Foto, Baga
2. Sumber Belajar : a. Bambang Suteng, dkk, 2006, PKn kls XII,Erlangga, Jakarta,hal. 86 -105
b. Budiyanto, 2006, PKn kelas XII, Erlangga, Jakarta, hal. 96 - 120
c. Drs. Chotib, dkk, 2006, PKn kelas XII, Yudhistira, Jakarta, hal. 48 – 58
d. Budiyanto, 2004, PKn kelas XII, Erlangga, Jakarta, hal. 46 - 69
e. Undang Undang Dasar 1945
f. Sumber lain yang sesuai dengan materi pokok bahasan


VI. Penilaian

1. Prosedur : Tertulis

2. Alat Penilaian : Pilihan Ganda, Uraian dan lembar pengamatan Proses Diskusi

VII. Intrumen Penilaian ( lihat lampiran 7 )




Praya, Juli 2008
Mengetahui Guru Mata Pelajaran
Kepala MAN I praya


Drs. H. MASRIADI, MA Drs. MUNAWAR KHOLIL
NIP 150 201 978 NIP 150 256 226


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( RPP )

Mata Pelajaran : Pendidikan Kewarganegaraan
Kelas / Semester : XII / 2
Pertemuan Ke- : 3 dan 4
Alokasi Waktu : 4 x 45 menit
Standar Kompetensi : 3. Mengevaluasi peranan pers dalam masyarakat demokrasi
Kompetensi Dasar : 3.2. Menganalisis pers yang bebas dan bertanggung jawab
sesuai kode etik jurnalistik dalam masyarakat demokratis
di Indonesia
Indikator : 3.2.1. Mendeskripsikan tentang pers yang bebas dan
bertanggung jawab
3.2.2. Menguraikan teori tentang jenis-jenis pers
3.2.3. Menyimpulkan hasil diskusi tentang kebebasan dan
tanggung jawab pers
3.2.4. Mendeskripsikan fungsi dewan pers
4.2 5 Menganalisis kode etik jurnalistik

I. Tujuan Pembelajaran

1. Siswa dapat menjelaskan pers yang bebas dan bertanggung jawab
2. Siswa dapat menguraikan teori pers otoritarian
3. Siswa dapat menguraikan teori pers libertarian
4. Siswa dapat menguraikan teori pers tanggung jawab sosial
5. Siswa dapat menjelaskan tentang kebebasan atau kemerdekaan pers
6. Siswa dapat menganalisis sistem pers di negara Amerika Serikat ( Barat )
7. Siswa dapat menganalisis sistem pers di negara Rusia ( Timur )
8 . Siswa dapat menganalisis sistem pers di Indonesia
9. Siswa dapat menganalisis ciri pers dinegara barat
10. Siswa dapat menganalisis ciri pers di negara Komunis
11. Siswa dapat menganalisis ciri atau karakteristik pers di negara-negara berkemang
12. Siswa dapat menyebutkan fungsi dewan pers
13. Siswa dapat menafsirkan pasal 2 kode etik jurnalistik yang berbunyi ”Wartawan Indonesia
menempuh cara-cara yang profesional dalam melaksanakan tugas jurnalistik”
14. Siswa dapat menafsirkan pasal 11 kode etik jurnalistik yang berbunyi ” Wartawan Indonesia
melayani hak jawab, hak tolak dan hak koreksi secara proporsional ”


II. Materi Pembelajaran

Pertemuan 1 :
1. Pers yang bebas dan bertanggung jawab
2. Teori – teori tentang pers
Pertemuan 2 :
3. Kebebasan dan tanggung jawab pers
4. Dewan pers dan kode etik jurnalistik


III. Pendekatan dan Metode
a. Pendekatan : PAIKEM dan CTL model Jig Saw, Word Square dan Tebak Kata
b. Metode : Informasi, Tanya Jawab dan Diskusi

IV. Langkah-langkah Pembelajaran

Pertemuan 1 dan 2 :
A. Kegiatan awal ( 20 menit )
1. Apersepsi dan motivasi
2. Review pelajaran minggu lalu melalui tanya jawab
3. Menyampaikan pokok materi hari ini
4. Mengimformasikan kompetensi dasar yang ingin dicapai pada pertemuan kali ini

B. Kegiatan inti (140 menit)
Mengkaji literatur tentang :
Pertemuan 1 :
1. Pers yang bebas dan bertanggung jawab
2. Teori-teori tentang pers
3. Pendalaman materi melalui tanya jawab dengan metode Tebak Kata
Pertemuan 2 :
4. Kebebasan dan tanggung jawab pers
5. Dewan pers dan kode etik jurnalistik
6. Diskusi dengan metode Jig Saw
7. Pendalaman materi dengan metode Word Square

C. Kegiatan akhir (20 menit)
1. Refleksi dan guru memberi penguatan materi dan pelurusan konsep
2. Guru dan siswa mengambil kesimpulan akhir
3. Penugasan meresensi hasil diskusi dikumpulkan minggu depan


V. Alat dan Sumber Belajar

1. Alat : Lembar Materi Diskusi, Lembar Word Square dan Kartu Tebak Kata,
Gambar/Foto, Bagan
2. Sumber Belajar : a. Bambang Suteng, dkk, 2006, PKn kls XII, Erlangga,Jakarta,hal.106-110
b. Budiyanto, 2006, PKn kelas XII, Erlangga, Jakarta, hal. 122 - 126
c. Drs. Chotib, dkk, 2006, PKn kelas XII, Yudhistira, Jakarta, hal. 59 - 66
d. Budiyanto, 2004, PKn kelas XII, Erlangga, Jakarta, hal. 67 - 71
e. Undang Undang Dasar 1945
f. Sumber lain yang sesuai dengan materi pokok bahasan

VI. Penilaian

1. Prosedur : Tertulis

2. Alat Penilaian : Pilihan Ganda, Uraian dan lembar pengamatan Proses Diskusi

VII. Intrumen Penilaian ( lihat lampiran 8 )


Praya, Juli 2008
Mengetahui Guru Mata Pelajaran
Kepala MAN I praya


Drs. H. MASRIADI, MA Drs. MUNAWAR KHOLIL
NIP 150 201 978 NIP 150 256 226



RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( RPP )

Mata Pelajaran : Pendidikan Kewarganegaraan
Kelas / Semester : XII / 2
Pertemuan Ke- : 5 dan 6
Alokasi Waktu : 4 x 45 menit
Standar Kompetensi : 3. Mengevaluasi peranan pers dalam masyarakat demokrasi
Kompetensi Dasar : 3.3. Mengevaluasi kebebasan pers dan dampak penyalah
gunaan kebebasan media massa dalam masyarakat Demokratis
di Indonesia
Indikator : 3.3.1. Mendeskripsikan arti dari pengendalian kebebasan pers
3.3.2. Mendeskripsikan arti dari penyalahgunaan kebebasan
pers
3.3.3. Menyimpulkan hasil diskusi tentang pengendalian
kebebasan pers
3.3.4. Menyimpulkan hasil diskusi tentang penyalahgunaan
pers

I. Tujuan Pembelajaran

1. Siswa dapat mengemukakan arti pengendalian kebebasan pers
2. Siswa dapat mengemukakan arti penyalahgunaan kebebasan pers
3. Siswa dapat menguraikan 4 faktor yang menyebabkan terjadinya pengendalian kebebasan
pers
4. Siswa dapat mengemukakan bentuk-bentuk penyalahgunaan kebebasan pers
5. Siswa dapat menganalisis dampak negatif dari penyalahgunaan kebebasan pers


II. Materi Pembelajaran

Pertemuan 1 :
1. Pengendalian kebebasan pers
a. Distorsi peraturan perundangan
b. Perilaku aparat
c. Pengadilan massa
Pertemuan 2 :
2. Penyalahgunaan kebebasan pers

III. Pendekatan dan Metode
a. Pendekatan : PAIKEM dan CTL model Jig Saw, Word Square dan Tebak Kata
b. Metode : Informasi, Tanya Jawab dan Diskusi


IV. Langkah-langkah Pembelajaran

Pertemuan 1 dan 2 :
A. Kegiatan awal ( 20 menit )
1. Apersepsi dan motivasi
2. Review pelajaran minggu lalu melalui tanya jawab
3. Menyampaikan pokok materi hari ini
4. Mengimformasikan kompetensi dasar yang ingin dicapai pada pertemuan kali ini

B. Kegiatan inti (140 menit)
Mengkaji literatur tentang :
Pertemuan 1 :
1. Pengendalian kebebasan pers
2. Pendalaman materi dengan metode Diskusi model Jig Saw
Pertemuan 2 :
3. Penyalahgunaan kebebasan pers
4. Pendalaman materi melalui tanya jawab model Word Square dan Tebak Kata
C. Kegiatan akhir (20 menit)
1. Refleksi dan guru memberi penguatan materi dan pelurusan konsep
2. Guru dan siswa mengambil kesimpulan akhir
3. Penugasan meresensi hasil diskusi dikumpulkan minggu depan


V. Alat dan Sumber Belajar

1. Alat : Lembar Materi Diskusi, Lembar Word Square dan Kartu Tebak Kata,
Gambar/Foto, Bagan

2. Sumber Belajar : a. Bambang Suteng, dkk, 2006, PKn kls XII, Erlangga,Jakarta,hal.115-118
b. Budiyanto, 2006, PKn kelas XII, Erlangga, Jakarta, hal. 134 - 137
c. Drs. Chotib, dkk, 2006, PKn kelas XII, Yudhistira, Jakarta, hal. 69
d. Budiyanto, 2004, PKn kelas XII, Erlangga, Jakarta, hal. 69 - 71
e. Undang Undang Dasar 1945
f. Sumber lain yang sesuai dengan materi pokok bahasan


VI. Penilaian

1. Prosedur : Tertulis

2. Alat Penilaian : Pilihan Ganda, Uraian dan lembar pengamatan Proses Diskusi

VII. Intrumen Penilaian ( lihat lampiran 9 )




Praya, Juli 2008
Mengetahui Guru Mata Pelajaran
Kepala MAN I praya


Drs. H. MASRIADI, MA Drs. MUNAWAR KHOLIL
NIP 150 201 978 NIP 150 256 226


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( RPP )

Mata Pelaj : Pendidikan Kewarganegaraan
Kelas / Semester : XII / 2
Pertemuan Ke- : 7 dan 8
Alokasi Waktu : 4 x 45 menit
Standar Kompetensi : 4. Mengevaluasi dampak globalisasi
Kompetensi Dasar : 4.1. Mendeskripsikan proses, aspek dan dampak globalisasi
dalam hidupan berbangsa dan negara
Indikator : 4.1.1. Mendeskripsikan pengertian globalisasi
4.1.2. Menguraikan proses globalisasi
4.1.3. Mendeskripsikan aspek-aspek globalisasi
4.1.4. Mendeskripsikan dampak globalisasi dalam bidang
kehidupan bangsa dan negara
4.1.5. Menyimpulkan hasil diskusi tentang proses dan aspek
globalisasi di berbagai bidang kehidupan

I. Tujuan Pembelajaran

1. Siswa dapat menyebutkan pengertian globalisasi
2. Siswa dapat menguraikan gambaran singkat mengenai proses globalisasi
3. Siswa dapat menguraikan kembali proses globalisasi menurut kaum skeptis
4. Siswa dapat menguraikan kembali proses globalisasi menurut kaum hiperglobalis
5. Siswa dapat menguraikan kembali proses globalisasi menurut kaum transformatif
6. Siswa dapat menerangkan aspek globalisasi dibidang informasi dan komunikasi
7. Siswa dapat menerangkan aspek globalisasi dibidang ekonomi
8. Siswa dapat menerangkan aspek globalisasi dibidang hukum
9. Siswa dapat menerangkan aspek globalisasi dibidang politik
10. Siswa dapat menerangkan aspek globalisasi dibidang IPTEK
11. Siswa dapat menerangkan aspek globalisasi dibidang sosial budaya
12. Siswa dapat menerangkan aspek globalisasi dibidang Agama


II. Materi Pembelajaran

Pertemuan 1 :
1. Pengertian globalisasi
2. Proses globalisasi
a. Kaum skeptik
b. Kaum hiperglobalis
c. Kaum transformatif
Pertemuan 2 :
3. Aspek-aspek globalisasi yaitu informasi dan komunikasi, ekonomi, hukum, politik,
IPTEK, Sosial dan budaya serta Agama


III. Pendekatan dan Metode
a. Pendekatan : PAIKEM dan CTL model Jig Saw,Tebak Kata dan Debate
b. Metode : Informasi, Tanya Jawab dan Diskusi

IV. Langkah-langkah Pembelajaran

Pertemuan 1 dan 2 :
A. Kegiatan awal ( 20 menit )
1. Apersepsi dan motivasi
2. Review pelajaran minggu lalu melalui tanya jawab
3. Menyampaikan pokok materi hari ini
4. Mengimformasikan kompetensi dasar yang ingin dicapai pada pertemuan kali ini
B. Kegiatan inti (140 menit)
Mengkaji literatur tentang :
Pertemuan 1 :
1. Pengertian globalisasi
2. Proses globalisasi ( kaum skeptik, hiperglobalis dan transformatif )
3. Diskusi model Jig Saw
4. Pendalamam materi dengan metode Debate
Pertemuan 2 :
5. Aspek-aspek globalisasi yaitu informasi dan komunikasi, ekonomi, hukum, politik, IPTEK,
Sosial dan budaya serta Agama
6. Tanya Jawab dengan metode Tebak Kata

C. Kegiatan akhir (20 menit)
1. Refleksi dan guru memberi penguatan materi dan pelurusan konsep
2. Guru dan siswa mengambil kesimpulan akhir
3. Penugasan meresensi hasil diskusi dikumpulkan minggu depan
V. Alat dan Sumber Belajar

1. Alat : Lembar Materi Diskusi, Kartu Tebak Kata dan Lembar materi Debate Pro
dan Kontra, Gambar/Foto, Bagan
2. Sumber Belajar : a. Bambang Suteng, dkk, 2006, PKn kls XII, Erlangga,Jakarta,hal.140-143
b. Budiyanto, 2006, PKn kelas XII, Erlangga, Jakarta, hal. 146 - 151
c. Drs. Chotib, dkk, 2006, PKn kelas XII, Yudhistira, Jakarta, hal. 84 - 87
d. Budiyanto, 2004, PKn kelas XII, Erlangga, Jakarta, hal. 87-90, 97-101
e. Sumber lain yang sesuai dengan materi pokok bahasan


VI. Penilaian

1. Prosedur : Tertulis

2. Alat Penilaian : Pilihan Ganda, Uraian dan lembar pengamatan Proses Diskusi

VII. Intrumen Penilaian ( lihat lampiran 10 )


Praya, Juli 2008
Mengetahui Guru Mata Pelajaran
Kepala MAN I praya


Drs. H. MASRIADI, MA Drs. MUNAWAR KHOLIL
NIP 150 201 978 NIP 150 256 226



RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( RPP )

Ma ta Pelajaran : Pendidikan Kewarganegaraan
Kelas / Semester : XII / 2
Pertemuan Ke- : 9 dan 10
Alokasi Waktu : 4 x 45 menit
Standar Kompetensi : 4. Mengevaluasi dampak globalisasi
Kompetensi Dasar : 4.2. Mengevaluasi pengaruh globalisasi terhadap kehidupan
bangsa dan negara Indonesia
Indikator : 4.2.1. Mendeskripsikan pengaruh globalisasi di berbagai
bidang kehidupan bangsa dan negara
4.2.2. Mengevaluasi sisi positif dan negatif globalisasi
4.2.3. Menyimpulkan hasil diskusi tentang sisi positif dan sisi
negatif globalisasi
I. Tujuan Pembelajaran

1. Siswa dapat menerangkan pengaruh globalisasi di bidang ekonomi
2. Siswa dapat menerangkan pengaruh globalisasi di bidang politik
3. Siswa dapat menerangkan pengaruh globalisasi di bidang keamanan
4. Siswa dapat menerangkan pengaruh globalisasi di bidang sosial budaya
5. Siswa dapat menerangkan pengaruh globalisasi di bidang idiologi
6. Siswa dapat menyebutkan sisi negatif globalisasi
7. Siswa dapat menyebutkan sisi positif globalisasi


II. Materi Pembelajaran

Pertemuan 1 :
1. Pengaruh globalisasi di bidang
a. ekonomi
b. politik
c. Keamanan
d. Sosial Budaya
e. Idiologi
Pertemuan 2 :
2. Sisi positif dan negatif globalisasi

III. Pendekatan dan Metode
a. Pendekatan : PAIKEM dan CTL model Jig Saw,Tebak Kata
b. Metode : Informasi, Tanya Jawab dan Diskusi


IV. Langkah-langkah Pembelajaran

Pertemuan 1 dan 2 :
A. Kegiatan awal ( 20 menit )
1. Apersepsi dan motivasi
2. Review pelajaran minggu lalu melalui tanya jawab
3. Menyampaikan pokok materi hari ini
4. Mengimformasikan kompetensi dasar yang ingin dicapai pada pertemuan kali ini

B. Kegiatan inti (140 menit)
Mengkaji literatur tentang :
Pertemuan 1 :
1. Pengaruh globalisasi di bidang

a. ekonomi
b. politik
c. Keamanan
d. Sosial Budaya
e. Idiologi

2. Diskusi dengan metode Jig Saw
3. Pendalaman materi dengan metode Tebak Kata
Pertemuan 2 :
4. Segi positif dan negatif globalisasi
5. Tanya Jawab dengan metode Tebak Kata

C. Kegiatan akhir (20 menit)
1. Refleksi dan guru memberi penguatan materi dan pelurusan konsep
2. Guru dan siswa mengambil kesimpulan akhir
3. Penugasan merangkum hasil diskusi dikumpulkan minggu depan


V. Alat dan Sumber Belajar

1. Alat : Lembar Materi Diskusi, Kartu Tebak Kata, gambar/Foto, Bagan
2. Sumber Belajar : a. Bambang Suteng, dkk, 2006, PKn kls XII, Erlangga,Jakarta,hal.144-154
b. Budiyanto, 2006, PKn kelas XII, Erlangga, Jakarta, hal. 162-169
c. Drs. Chotib, dkk, 2006, PKn kelas XII, Yudhistira, Jakarta, hal. 91 - 94
d. Budiyanto, 2004, PKn kelas XII, Erlangga, Jakarta, hal. 101-114
e. Sumber lain yang sesuai dengan materi pokok bahasan


VI. Penilaian

1. Prosedur : Tertulis

2. Alat Penilaian : Pilihan Ganda, Uraian dan lembar pengamatan Proses Diskusi

VII. Intrumen Penilaian ( lihat lampiran 11 )



Praya, Juli 2008
Mengetahui Guru Mata Pelajaran
Kepala MAN I praya


Drs. H. MASRIADI, MA Drs. MUNAWAR KHOLIL
NIP 150 201 978 NIP 150 256 226






RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( RPP )

Ma ta Pelajaran : Pendidikan Kewarganegaraan
Kelas / Semester : XII / 2
Pertemuan Ke- : 11 dan 12
Alokasi Waktu : 4 x 45 menit
Standar Kompetensi : 4. Mengevaluasi dampak globalisasi
Kompetensi Dasar : 4.3. Menentukan sikap terhadap pengaruh dan implikasi
lobalisasi Terhadap bangsa dan negara indonesia Indikator 4 .3.1. Mendeskripsikan cara mengelola globalisasi
4.3.2. Mendeskripsikan cara memperkuat akar kebangsaan
4.3.3. Mendeskripsikan kebijakan bangsa dan negara dalam
menghadapi implikasi globalisasi'
4.3.4 Menunjukkan sikap selektif terhadap pengaruh
globalisasi'
4.3.5. Menyimpulkan hasil diskusi tentang implikasi dan
pengaruh sikap selektif trerhadap globalisasi
I. Tujuan Pembelajaran

1. Siswa dapat mengemukakan upaya dan kebijakan dalam mengelola globalisasi
2. Siswa dapat menguraikan cara dalam memperkuat akar kebangsaan
3. Siswa dapat menyebutkan implikasi globalisasi terhadap bangsa dan negara
4. Siswa dapat mengemukakan sikap selektif dalam menghadapi pengaruh globalisasi
5. Siswa dapat menganalisis pengaruh negatif dari globalisasi


II. Materi Pembelajaran

Pertemuan 1 :
1. Mengelola globalisasi
2. Memperkuat akar krangsaan
Pertemuan 2 :
3. Implikasi globalisasi terhadap bangsa dan negara
4. Sikap selektif terhadap pengeruh globalisasi


III. Pendekatan dan Metode
a. Pendekatan : PAIKEM dan CTL model Jig Saw dan Debat
b. Metode : Informasi, Tanya Jawab dan Diskusi


IV. Langkah-langkah Pembelajaran

Pertemuan 1 dan 2 :
A. Kegiatan awal ( 20 menit )
1. Apersepsi dan motivasi
2. Review pelajaran minggu lalu melalui tanya jawab
3. Menyampaikan pokok materi hari ini
4. Mengimformasikan kompetensi dasar yang ingin dicapai pada pertemuan kali ini

B. Kegiatan inti (140 menit)
Mengkaji literatur tentang :
Pertemuan 1 :
1. Mengelola gloibalisasi
2. Memperkuat akar kebangsaan
3. Diskusi dengan metode Jig Saw
4. Pendalaman materi denngan Debat
Pertemuan 2 :
5. Implikasi globalisasi terhadap bangsa dan negara
6. Sikap selektif terhadap pengaruhglobalisasi
7. Pendalaman materi dengan metode Debat

C. Kegiatan akhir (20 menit)
1. Refleksi dan guru memberi penguatan materi dan pelurusan konsep
2. Guru dan siswa mengambil kesimpulan akhir
3. Penugasan merangkum hasil diskusi dikumpulkan minggu depan

V. Alat dan Sumber Belajar

1. Alat : Lembar Materi Diskusi, Kartu materi debat, gambar/Foto, Bagan

2. Sumber Belajar : a. Bambang Suteng, dkk, 2006, PKn kls XII, Erlangga,Jakarta,hal.158-160
b. Budiyanto, 2006, PKn kelas XII, Erlangga, Jakarta, hal. 170 - 181
c. Drs. Chotib, dkk, 2006, PKn kelas XII, Yudhistira, Jakarta, hal. 94 - 98
d. Budiyanto, 2004, PKn kelas XII, Erlangga, Jakarta, hal. 121 - 122
e. Sumber lain yang sesuai dengan materi pokok bahasan

VI. Penilaian

1. Prosedur : Tertulis

2. Alat Penilaian : Pilihan Ganda, Uraian dan lembar pengamatan Proses Diskusi

VII. Intrumen Penilaian ( lihat lampiran 12 )





Praya, Juli 2008
Mengetahui Guru Mata Pelajaran
Kepala MAN I praya


Drs. H. MASRIADI, MA Drs. MUNAWAR KHOLIL
NIP 150 201 978 NIP 150 256 226



RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( RPP )

Mata Pelajaran : Pendidikan Kewarganegaraan
Kelas / Semester : XII / 2
Pertemuan Ke- : 13 dan 14
Alokasi Waktu : 4 x 45 menit
Standar Kompetensi : 4. Mengevaluasi dampak globalisasi
Kompetensi Dasar : 4.4. Mempresentasikan tulisan tentang pengaruh globalisasi
terhadap bangsa dan negara
Indikator : 4.4.1. Meresensi tulisan tentang pengaruh globalisasi dalam
kehidupan berbangsa dan bernegara
4.4.2. Membuat karya tulis tentang pengruh globalisasi
4.4.3. Mempresentasikan tulisan tentang pengaruh
globalisasi


I. Tujuan Pembelajaran

1. Siswa dapat menyebutkan kerangka isi tulisan ilmiah
2. Siswa dapat mengidentifikasi bacaan-bacaan tentang pengaruh globalisasi
3. Siswa dapat membuat karya karya tulis tentang pengaruh globalisasi
4. Siswa dapat mempresentasikan hasil tulisannya di depan kelas


II. Materi Pembelajaran

Pertemuan 1 :
1. Langkah-langkah penulisan ilmiah
2. Sistikatika penulisan ilmiah
Pertemuan 2 :
3. Pembuatan karya tulis
Pertemuan 3 :
4. Presentasi karya tulis

III. Pendekatan dan Metode
a. Pendekatan : PAIKEM dan CTL
b. Metode : Informasi, Tanya Jawab dan Diskusi


IV. Langkah-langkah Pembelajaran

Pertemuan 1 dan 2 dan 3 :
A. Kegiatan awal ( 60 menit )
1. Apersepsi dan motivasi
2. Review pelajaran minggu lalu melalui tanya jawab
3. Menyampaikan pokok materi hari ini
4. Mengimformasikan kompetensi dasar yang ingin dicapai pada pertemuan kali ini

B. Kegiatan inti (210 menit)
Mengkaji literatur tentang :
Pertemuan 1 :
1. Langkah-langkah penulisan ilmiah
2. Sistimatika penulisan ilmiah
3. Diskusi, tanya jawab
Pertemuan 2 :
4. Membimbing siswa dalam penulisan karya ilmiah

Pertemuan 3 :
5. Presentasi hasil tulisan ilmiah

C. Kegiatan akhir (60 menit)
1. Refleksi dan guru memberi penguatan materi dan pelurusan konsep
2. Penugasan yaitu melanjutkan tulisannya di rumah

V. Alat dan Sumber Belajar

1. Alat : Kertas, Komputer, gambar/Foto, Bagan

2. Sumber Belajar : a. Bambang Suteng, dkk, 2006, PKn kls XII, Erlangga, akarta,hal 130-160
b. Budiyanto, 2006, PKn kelas XII, Erlangga, Jakarta, hal. 146 - 186
c. Drs. Chotib, dkk, 2006, PKn kelas XII, Yudhistira, Jakarta, hal. 84 - 98
d. Budiyanto, 2004, PKn kelas XII, Erlangga, Jakarta, hal. 88 – 121
e. Depag RI, (2000) Pedoman Penysunan Karya Tulis lmiah, Jakarta,
ha. 1 - 101
f. Sumber lain yang sesuai dengan materi pokok bahasan



VI. Penilaian

1. Prosedur : Tertulis

2. Alat Penilaian : Pilihan Ganda, Uraian dan lembar pengamatan Proses Diskusi

VII. Intrumen Penilaian ( lihat lampiran 13 )





Praya, Juli 2008
Mengetahui Guru Mata Pelajaran
Kepala MAN I praya


Drs. H. MASRIADI, MA Drs. MUNAWAR KHOLIL
NIP 150 201 978 NIP 150 256 226


Suka Dengan Artikel Ini ?

2 komentar "RPP PKn Kls XII Semester 1 dan 2 MA/SMA", Baca atau Masukkan Komentar

Post a Comment

Komentarnya donk sedikit.......

 
 
Copyright © 2013. Perangkat Pembelajaran KTSP - All Rights Reserved
Design by Luhur Muhammad Fatah | Powered By Blogger.com