September 25, 2009

SILABUS PKn KELAS XII SMA/MA

            Yth. Kawan pembina Mata Pelajarn PKn di manapun berada, Saya mengucapkan maaf, karena baru sekarang dapat saya postingkan silabus PKn kelas XII dulu, mudahan saya dapat postingkan  silabus  PKn kelas XI dan X dalam waktu dekat.  Yang perlu di ketahui bahwa silabus ini adalah hasil pengembangan saya sendiri namun tetap berdasarkan Standar Isi.  Oleh karena itu bagi rekan-rekan yang mau dan cocok dengan silabus ini dipersilahkan dan bagi yang suka dengan silabus hasil Lembang dipersilahkan.  Atau rekan yang mau memodifikasi silabus ini sesuai dengan situasi dan kondisi, perserta didik, sekolah ataupun daerah dipersilahkan, memang kita dibebaskan untuk mengembangkan silabus kita masing-masing asalkan tetap mengacu pada Satandar Isi.  Mohon maaf atas kekurangan sajian saya ini dan mohon saran untuk kesempurnaan. Terima Kasih.  Selamat mencoba dan salam sukses semoga kita menikmati profesi ini.  Amin..........

SILABUS
Mata Pelajaran : Pendidikan Kewarganegaraan
Kls/Program : XII IPA, IPS, Bahasa, Agama
Semester : 1
Standar Kompetensi : 1. Menampilkan sikap positif terhadap Pancasila sebagai ideologi
terbuka
Alokasi Waktu : 12 x 45 Menit

I. KOMPETENSI DASAR
1.1. Mendeskripsikan Pancasila sebagai ideologi terbuka

II. MATERI PEMBELAJARAN
 Konsepsi ideologi menurut para ahli
 Pancasila sebagai ideologi negara
 Sejarah perumusan Pancasila
 Rumusan definitif Pancasila
 Fungsi Pancasila sebagai ideologi negara Republik Indonesia
 Ideologi terbuka dan ideologi tertutup
 Pancasila sebagai ideologi terbuka

III. KEGIATAN PEMBELAJARAN
 Mengkaji literatur tentang pengertian ideologi menurut para ahli
 Mengkaji literatur tentang Pancasila sebagai ideologi negara
 Mengkaji literatur tentang sejarah perumusan Pancasila
 Mengkaji literatur tentang rumusan definitif Pancasila
 Mengkaji literatur tentang fungsi Pancasila sebagai ideologi negara RI
 Mengkaji literatur tentang ideologi terbuka dan ideologi tertutup
 Diskusi tentang Pancasila sebagai ideologi terbuka

IV. INDIKATOR
 Mendeskripsikan pengertian ideologi menurut para ahli
 Menganalisis Pancasila sebagai ideologi negara
 Menguraikan sejarah perumusan Pancasila
 Menunjukkan rumusan defenitif Pancasila
 Menguraikan fungsi Pancasila sebagai ideologi negara RI
 Mendeskripsikan ideologi terbuka dan ideologi tertutup
 Menyimpulkan Pancasila sebagai ideologi terbuka

V. PENILAIAN
 Tugas kelompok/individu
 Pilihan ganda/uraian
 Presentasi hasil diskusi

VI. ALOKASI WAKTU
 4 x 45 Menit

VII. SUMBER BELAJAR
 Bambang Suteng, dkk(2006), Pendidikan Kewarganegraan untuk SMA, Jakarta, Penerbit Erlangga.
 Budiyanto,(2006),Pendidikan Kewarganegaraan untuk SMA, Jakarta, Penerbit Erlangga.
 Drs. Chotib,dkk (2006),Pendidikan Kewarganegaraan untuk SMA, Jakarta, Penerbit Yudhistira.
 Retno Listyarti dan Setiadi, (2006), Pendidikan Kewarganegaraan untuk SMA, Jakarta, Penerbit Erlangga.
 Undang-Undang Dasar 1945.
 Sumber lain yang relevan dengan pembahasan materi (media cetak atau elektronik).

SILABUS
Mata Pelajaran : Pendidikan Kewarganegaraan
Kls/Program : XII IPA, IPS, Bahasa, Agama
Semester : 1
Standar Kompetensi : 1. Menampilkan sikap positif terhadap Pancasila sebagai ideologi
terbuka
Alokasi Waktu : 12 x 45 Menit

I. KOMPETENSI DASAR
1.2. menganalisis Pancasila sebagai sumber nilai dan paradigma pembangunan

II. MATERI PEMBELAJARAN
 Pancasila sebagai sumber nilai (nilai dasar, nilai instrumental, dan nilai praksis).
 Pancasila sebagai paradigma pembangunan.

III. KEGIATAN PEMBELAJARAN
 Mengkaji literatur tentang Pancasila sebagai sumber nilai.
 Mengkaji literatur tentang Pancasila sebagai paradigma pembangunan

IV. INDIKATOR
 Mendeskripsikan Pancasila sebagai sumber nilai.
 Mendeskripsikan pengertian paradigma.
 Mendeskripsikan pengertian pembangunan
 Mendeskripsikan Pancasila sebagai paradigma pembangunan.

V. PENILAIAN
 Tugas kelompok/individu
 Pilihan ganda/uraian
 Presentasi hasil diskusi

VI. ALOKASI WAKTU
 4 x 45 Menit

VII. SUMBER BELAJAR
 Bambang Suteng, dkk(2006), Pendidikan Kewarganegraan untuk SMA, Jakarta, Penerbit Erlangga.
 Budiyanto,(2006),Pendidikan Kewarganegaraan untuk SMA, Jakarta, Penerbit Erlangga.
 Drs. Chotib,dkk (2006),Pendidikan Kewarganegaraan untuk SMA, Jakarta, Penerbit Yudhistira.
 Retno Listyarti dan Setiadi, (2006), Pendidikan Kewarganegaraan untuk SMA, Jakarta, Penerbit Erlangga.
 Undang-Undang Dasar 1945.
 Sumber lain yang relevan dengan pembahasan materi (media cetak atau elektronik).

SILABUS
Mata Pelajaran : Pendidikan Kewarganegaraan
Kls/Program : XII IPA, IPS, Bahasa, Agama
Semester : 1
Standar Kompetensi : 1. Menampilkan sikap positif terhadap Pancasila sebagai ideologi
terbuka
Alokasi Waktu : 12 x 45 Menit

I. KOMPETENSI DASAR
1.3. Menampilkan sikap positif terhadap Pancasila sebagai ideologi terbuka.

II. MATERI PEMBELAJARAN
 Contoh sikap positif terhadap Pancasila sebagai ideologi terbuka :
• Sila Ketuhanan YME
• Sila Kemanusiaan Yang Adil dan Beradab
• SilaPersatuan Indonesia
• Sila Kerakyatan yang dipimpin oleh hikmat kebijaksanaan dalam permusyawaratan/perwakilan.
• Sila Keadilan sosial bagi seluruh rakyat Indonesia.

III. KEGIATAN PEMBELAJARAN
 Mendiskusikan hasil kajian tentang contoh perilaku positif terhadap Pancasila sebagai ideologi terbuka ( semua Sila Pancasila).

IV. INDIKATOR
 Menyimpulkan hasil diskusi tentang contoh perilaku positif terhadap Pancasila sebagai ideologi terbuka menyangkut :
• Sila Ketuhanan YME
• Sila Kemanusiaan Yang Adil dan Beradab
• SilaPersatuan Indonesia
• Sila Kerakyatan yang dipimpin oleh hikmat kebijaksanaan dalam permusyawaratan/perwakilan.
• Sila Keadilan sosial bagi seluruh rakyat Indonesia.

V. PENILAIAN
 Tugas kelompok/individu
 Pilihan ganda/uraian
 Presentasi hasil diskusi

VI. ALOKASI WAKTU
 4 x 45 Menit

VII. SUMBER BELAJAR
 Bambang Suteng, dkk(2006), Pendidikan Kewarganegraan untuk SMA, Jakarta, Penerbit Erlangga.
 Budiyanto,(2006),Pendidikan Kewarganegaraan untuk SMA, Jakarta, Penerbit Erlangga.
 Drs. Chotib,dkk (2006),Pendidikan Kewarganegaraan untuk SMA, Jakarta, Penerbit Yudhistira.
 Retno Listyarti dan Setiadi, (2006), Pendidikan Kewarganegaraan untuk SMA, Jakarta, Penerbit Erlangga.
 Undang-Undang Dasar 1945.
 Sumber lain yang relevan dengan pembahasan materi (media cetak atau elektronik).

SILABUS
Mata Pelajaran : Pendidikan Kewarganegaraan
Kls/Program : XII IPA, IPS, Bahasa, Agama
Semester : 1
Standar Kompetensi : 2. Mengevaluasi berbagai sistem pemerintahan
Alokasi Waktu : 12 x 45 Menit

I. KOMPETENSI DASAR
2.1. Menganalisis sistem pemerintahan di berbagai negara

II. MATERI PEMBELAJARAN
 Sistem dan sistem pemerintahan
 Bentuk negara, bentuk pemerintah dan bentuk pemerintahan.
 Jenis-jenis sitem pemerintahan (Parlementer, Presidensial, dan sistem Komunis).
 Induk sistem pemerintahan dan pengaruhnya terhadap negara lain.

III. KEGIATAN PEMBELAJARAN
 Mengkaji lkiteratur tentang sistem dan sistem pemerintahan
 Mengkaji berbagai sumber belajar tentang bentuk negara, bentuk pemerintah dan bentuk pemerintahan.
 Mengkaji literatur tentang jenis-jenis sitem pemerintahan (Parlementer, Presidensial, dan sistem Komunis).
 Mengkaji hasil diskusi tentang induk sistem pemerintahan dan pengaruhnya terhadap negara lain.

IV. INDIKATOR
 Mendeskripsikan sistem pemerintahan
 Mendeskripsikan bentuk negara dan bentuk pemerintahan
 Mendeskripsikan jenis sistem pemerintahan parlementer dan presidensial
 Mendeskripsikan ciri pemerintahan Parlementer dan Presidensial
 Menguraikan sistem pemerintahan komunis
 Menyimpulkan hasil diskusi tentang induk sistem pemerintahan
 Menyimpulkan hasil diskusi tentang pengaruh sistem pemerintahan suatu negara terhadap negara lain.

V. PENILAIAN
 Tugas kelompok/individu
 Pilihan ganda/uraian
 Presentasi hasil diskusi

VI. ALOKASI WAKTU
 4 x 45 Menit

VII. SUMBER BELAJAR
 Bambang Suteng, dkk(2006), Pendidikan Kewarganegraan untuk SMA, Jakarta, Penerbit Erlangga.
 Budiyanto,(2006),Pendidikan Kewarganegaraan untuk SMA, Jakarta, Penerbit Erlangga.
 Drs. Chotib,dkk (2006),Pendidikan Kewarganegaraan untuk SMA, Jakarta, Penerbit Yudhistira.
 Retno Listyarti dan Setiadi, (2006), Pendidikan Kewarganegaraan untuk SMA, Jakarta, Penerbit Erlangga.
 Undang-Undang Dasar 1945.
 Sumber lain yang relevan dengan pembahasan materi (media cetak atau elektronik)

SILABUS
Mata Pelajaran : Pendidikan Kewarganegaraan
Kls/Program : XII IPA, IPS, Bahasa, Agama
Semester : 1
Standar Kompetensi : 2. Mengevaluasi berbagai sistem pemerintahan
Alokasi Waktu : 12 x 45 Menit

I. KOMPETENSI DASAR
2.2. Menganalisis pelaksanaan sistem pemerintahan negara Indonesia

II. MATERI PEMBELAJARAN
 Lembaga negara sebelum dan setelah amandemen UUD 1945
 Pokok-pokok sitem pemerintahan negara republik Indonesia
 Sejarah pelaksanaan sistem pemerintahan RI :
• Awal kemerdekaan
• Periode Konstitusi RIS 1949
• Masa UUDS 1950
• Masa demokrasi terpimpin 5 Juli 1959
• Masa Orde baru
• Masa reformasi

III. KEGIATAN PEMBELAJARAN
 Mengkaji berbagai literatur tentang lembaga negara sebelum dan sesudah amandemen UUD 1945
 Mengkaji literatur tentang pelkasanaan tujuh kunci pokok sistem pemerrintahan RI
 Diskusi hasilkajian tentang pelaksanaan sistem pemerintahan yang pernah berlaku di negara RI dan masa reformasi.

IV. INDIKATOR
 Menganalisis lembaga negara sebelum amandemen UUD 1945
 Menganalisis lembaga negara setelah mandemen UUD 1945
 Mendeskripsikan tujuh kunci pokok sistem pemerintahan RI
 Menunjukkan perbedaan lembaga negara RI sebelum dengan sesudah amandemen UUD 1945.
 Mendeskripsikan sistem pemerintahan yang pernah berlaku diIndonesia
 Menguraikan pelaksanaan sistemm pemerintahan di masa reformasi.

V. PENILAIAN
 Tugas kelompok/individu
 Pilihan ganda/uraian
 Presentasi hasil diskusi

VI. ALOKASI WAKTU
 4 x 45 Menit

VII. SUMBER BELAJAR
 Bambang Suteng, dkk(2006), Pendidikan Kewarganegraan untuk SMA, Jakarta, Penerbit Erlangga.
 Budiyanto,(2006),Pendidikan Kewarganegaraan untuk SMA, Jakarta, Penerbit Erlangga.
 Drs. Chotib,dkk (2006),Pendidikan Kewarganegaraan untuk SMA, Jakarta, Penerbit Yudhistira.
 Retno Listyarti dan Setiadi, (2006), Pendidikan Kewarganegaraan untuk SMA, Jakarta, Penerbit Erlangga.
 Undang-Undang Dasar 1945.
 Sumber lain yang relevan dengan pembahasan materi (media cetak atau elektronik).

SILABUS

Mata Pelajaran : Pendidikan Kewarganegaraan
Kls/Program : XII IPA, IPS, Bahasa, Agama
Semester : 1
Standar Kompetensi : 2. Mengevaluasi berbagai sistem pemerintahan
Alokasi Waktu : 12 x 45 Menit

I. KOMPETENSI DASAR
2.3. Membandingkan pelaksanaan sistem pemerintahan yang berlaku di Indonesia dengan
Negara lain.

II. MATERI PEMBELAJARAN
 Perbandingan sistem pemerintahan negara Indonesia dengan negara di dunia seperti (Amerika serikat, Inggris, RRC, Kanada, Swiss, Pakistan, Prancis, India).

III. KEGIATAN PEMBELAJARAN
 Mengkaji berbagai literatur tentang sistem pemerintahan di Indonesia dengan di berbagai negara.
 Mendiskusikan hasil kajian berbagai literatur tentang sisitem pemerintahan di Indonesia dengan sistem pemerintahan di dunia.

IV. INDIKATOR
 Menganalisis sistem pemerintahan di berbagai negara
 Membandingkan sistem pemerintahan Indonesia dengan pemerintahan di berbagai negara.

V. PENILAIAN
 Tugas kelompok/individu
 Pilihan ganda/uraian
 Presentasi hasil diskusi

VI. ALOKASI WAKTU
 4 x 45 Menit

VII. SUMBER BELAJAR
 Bambang Suteng, dkk(2006), Pendidikan Kewarganegraan untuk SMA, Jakarta, Penerbit Erlangga.
 Budiyanto,(2006),Pendidikan Kewarganegaraan untuk SMA, Jakarta, Penerbit Erlangga.
 Drs. Chotib,dkk (2006),Pendidikan Kewarganegaraan untuk SMA, Jakarta, Penerbit Yudhistira.
 Retno Listyarti dan Setiadi, (2006), Pendidikan Kewarganegaraan untuk SMA, Jakarta, Penerbit Erlangga.
 Undang-Undang Dasar 1945.
 Sumber lain yang relevan dengan pembahasan materi (media cetak atau elektronik).

SILABUS
Mata Pelajaran : Pendidikan Kewarganegaraan
Kls/Program : XII IPA, IPS, Bahasa, Agama
Semester : 2
Standar Kompetensi : 3. Mengevaluasi peranan pers dalam masyarakat demokrasi
Alokasi Waktu : 12 x 45 Menit

I. KOMPETENSI DASAR
3.1. Mendeskripsikan pengertian , fungsi, dan peran serta perkembangan pers di
Indonesia.

II. MATERI PEMBELAJARAN
 Pemahaman tentang Pers menurut UU NO. 40 Tahun 1999 tentang Pers
 Wahana –wahana komunikasi massa.
 Fungsi dan Peranan pers
 Perkembangan pers di Indonesia

III. KEGIATAN PEMBELAJARAN
 Mengkaji berbagai literatur tentang konsep dan pengertian pers menurut UU NO. 40 Tahun 1999 tentang Pers.
 Mengkaji literatur tentang wahana-wahana komunikasi massa.
 Mengkaji literatur tentang fungsi dan peranan pe
 Mendiskusikan hasil kajian literatur tentang perkembangan pers di Indonesia.

IV. INDIKATOR
 Mendeskripsikan pengertian pers
 Mendeskripsikan wahana-wahana komunikasi massa
 Mendeskripsikan fungsi pers
 Mendeskripsikan peranan pers
 Menyimpulkan tentang perkembangan pers di Indonesia

V. PENILAIAN
 Tugas kelompok/individu
 Pilihan ganda/uraian
 Presentasi hasil diskusi

VI. ALOKASI WAKTU
 4 x 45 Menit

VII. SUMBER BELAJAR
 Bambang Suteng, dkk(2006), Pendidikan Kewarganegraan untuk SMA, Jakarta, Penerbit Erlangga.
 Budiyanto,(2006),Pendidikan Kewarganegaraan untuk SMA, Jakarta, Penerbit Erlangga.
 Drs. Chotib,dkk (2006),Pendidikan Kewarganegaraan untuk SMA, Jakarta, Penerbit Yudhistira.
 Retno Listyarti dan Setiadi, (2006), Pendidikan Kewarganegaraan untuk SMA, Jakarta, Penerbit Erlangga.
 Undang-Undang Dasar 1945.
 Sumber lain yang relevan dengan pembahasan materi (media cetak atau elektronik).

SILABUS
Mata Pelajaran : Pendidikan Kewarganegaraan
Kls/Program : XII IPA, IPS, Bahasa, Agama
Semester : 2
Standar Kompetensi : 3. Mengevaluasi peranan pers dalam masyarakat demokrasi
Alokasi Waktu : 12 x 45 Menit
I. KOMPETENSI DASAR
3.2. Menganalisis pers yang bebas dan bertanggung jawab sesuai dengan kode etik
Jurnalistik dalam masyarakat demokratis di Indonesia.

II. MATERI PEMBELAJARAN
 Pers yang bebas dan bertanggung jawab
 Teori tentang pers
 Kebebasan dan tanggung jawab pers
 Dewan pers dan kode etik jurnalistik

III. KEGIATAN PEMBELAJARAN
 Mengkaji berbagai literatur tentang pers yang bebas dan bertanggung jawab
 Mengkaji sumber belajar tentang teori-teori pers
 Mendiskusikan hasil kajian literatur tentang kebebasan dan tanggung jawab pers
 Mengkaji sumber belajar tentang dewan pers dan kode etik jurnalistik.

IV. INDIKATOR
 Mendeskripsikan tentang pers yang bebas dan bertanggung jawab
 Menguraikan teoro-teori tentang pers
 Menyimpulkan hasil diskusi tentang kebebasan dan tanggung jawab pers
 Mendeskripsikan fungsi dewan pers
 Menganalisis kode etik jurnalistik

V. PENILAIAN
 Tugas kelompok/individu
 Pilihan ganda/uraian
 Presentasi hasil diskusi

VI. ALOKASI WAKTU
 4 x 45 Menit

VII. SUMBER BELAJAR
 Bambang Suteng, dkk(2006), Pendidikan Kewarganegraan untuk SMA, Jakarta, Penerbit Erlangga.
 Budiyanto,(2006),Pendidikan Kewarganegaraan untuk SMA, Jakarta, Penerbit Erlangga.
 Drs. Chotib,dkk (2006),Pendidikan Kewarganegaraan untuk SMA, Jakarta, Penerbit Yudhistira.
 Retno Listyarti dan Setiadi, (2006), Pendidikan Kewarganegaraan untuk SMA, Jakarta, Penerbit Erlangga.
 Undang-Undang Dasar 1945.
 Sumber lain yang relevan dengan pembahasan materi (media cetak atau elektronik).

SILABUS
Mata Pelajaran : Pendidikan Kewarganegaraan
Kls/Program : XII IPA, IPS, Bahasa, Agama
Semester : 2
Standar Kompetensi : 3. Mengevaluasi peranan pers dalam masyarakat demokrasi
Alokasi Waktu : 12 x 45 Menit
I. KOMPETENSI DASAR
3.3. Mengevaluasi kebebasan pers dan dampak penyalahgunaan kebebasan media
Massa dalam masyarakat demokratis di Indonesia.

II. MATERI PEMBELAJARAN
 Pengendalian kebebasan pers :
• Distorsi peraturan perundangan
• Perilaku aparat
• Pengadilan massa
 Penyalahgunaan kebebasan pers

III. KEGIATAN PEMBELAJARAN
 Mengkaji berbagai literatur tentang pengendalian kebebasan pers
 Mengkaji literatur tentang penyalahgunaan pers
 Diskusi hasil kajian tentang pengendalian kebebasan pers dan penyalahgunaan pers

IV. INDIKATOR
 Mendeskripsikan arti dari pengendalian kebebasan pers
 Mendeskripsikan arti darai penyalahgunaan kebebasan pers
 Menyimpulkan hasil diskusi tentang pengendalian kebebasan pers
 Menyimpulkan hasil diskusi tentang penyalahgunaan pers

V. PENILAIAN
 Tugas kelompok/individu
 Pilihan ganda/uraian
 Presentasi hasil diskusi

VI. ALOKASI WAKTU
 4 x 45 Menit

VII. SUMBER BELAJAR
 Bambang Suteng, dkk(2006), Pendidikan Kewarganegraan untuk SMA, Jakarta, Penerbit Erlangga.
 Budiyanto,(2006),Pendidikan Kewarganegaraan untuk SMA, Jakarta, Penerbit Erlangga.
 Drs. Chotib,dkk (2006),Pendidikan Kewarganegaraan untuk SMA, Jakarta, Penerbit Yudhistira.
 Retno Listyarti dan Setiadi, (2006), Pendidikan Kewarganegaraan untuk SMA, Jakarta, Penerbit Erlangga.
 Undang-Undang Dasar 1945.
 Sumber lain yang relevan dengan pembahasan materi (media cetak atau elektronik).

SILABUS
Mata Pelajaran : Pendidikan Kewarganegaraan
Kls/Program : XII IPA, IPS, Bahasa, Agama
Semester : 2
Standar Kompetensi : 4. Mengevaluasi dampak globalisasi
Alokasi Waktu : 16 x 45 Menit

I. KOMPETENSI DASAR
4.1. Mendeskripsikan proses, aspek dan dampak globalisasi dalam kehidupan berbangsa
Dan bernegara.

II. MATERI PEMBELAJARAN
 Pengertian globalisasi
 Proses globalisasi (kaum skeptik, hiperglobalis, transformatif
 Aspek-aspek globalisasi (informasi dan komunikasi, Ekonomi, Hukum, Politik, IPTEK, Sosial dan Budaya, Agama).

III. KEGIATAN PEMBELAJARAN
 Mengkaji berbagai sumber tentang pengertian globalisasi
 Mengkaji berbagai literatur tentang proses globalisasi menurut kaum skeptik, hiperglobalis dan transformatif
 Mengkaji berbagai literatur tentang aspek-aspek globalisasi di bidang Informasi dan komunuikasi, Ekonomi, Hukum, Politik, IPTEK, Sosial dan Budaya, Agama.
 Diskusi tentang proses globalisasi dan aspek-aspek globalisasi

IV. INDIKATOR
 Mendeskripsikan pengertian globalisasi
 Menguraikan proses globalisasi
 Mendeskripsikan aspek-aspek globalisasi
 Mendeskripsikan dampak globalisasi dalam bidang kehidupan bangsa dan negara
 Menyimpulkan hasil diskusi tentang proses dan aspek globalisasi di berbagai bidang kehidupan

V. PENILAIAN
 Tugas kelompok/individu
 Pilihan ganda/uraian
 Presentasi hasil diskusi

VI. ALOKASI WAKTU
 4 x 45 Menit

VII. SUMBER BELAJAR
 Bambang Suteng, dkk(2006), Pendidikan Kewarganegraan untuk SMA, Jakarta, Penerbit Erlangga.
 Budiyanto,(2006),Pendidikan Kewarganegaraan untuk SMA, Jakarta, Penerbit Erlangga.
 Drs. Chotib,dkk (2006),Pendidikan Kewarganegaraan untuk SMA, Jakarta, Penerbit Yudhistira.
 Retno Listyarti dan Setiadi, (2006), Pendidikan Kewarganegaraan untuk SMA, Jakarta, Penerbit Erlangga.
 Undang-Undang Dasar 1945.
 Sumber lain yang relevan dengan pembahasan materi (media cetak atau elektronik).

SILABUS
Mata Pelajaran : Pendidikan Kewarganegaraan
Kls/Program : XII IPA, IPS, Bahasa, Agama
Semester : 2
Standar Kompetensi : 4. Mengevaluasi dampak globalisasi
Alokasi Waktu : 16 x 45 Menit

I. KOMPETENSI DASAR
4.2. Mengevaluasi pengaruh globalisasi terhadap kehidupan bangsa dan negara
Indonesia.

II. MATERI PEMBELAJARAN
 Pengaruh globalisasi di bidang ekonomi, politik, dan keamanan, sosial budaya dan ideologi
 Sisi positif dan negatif globalisasi

III. KEGIATAN PEMBELAJARAN
 Mengkaji berbagai sumber tentang pengaruh globalisasi di bidang ekonomi, politik, sosial dan budaya, hankam danideologi
 Mengkaji literatur tentang sisi positif dan negatif globalisasi
 Diskusi tentang sisi positif dan negatif globalisasi

IV. INDIKATOR
 Mendeskripsikan pengaruh globalisasi di berbagai bidang kehidupan bangsa dan negara.
 Mengevaluasi sisi positif dan negatif globalisasi
 Menyimpulkan hasil diskusi tetang sisipositif dan negatif globalisasi

V. PENILAIAN
 Tugas kelompok/individu
 Pilihan ganda/uraian
 Presentasi hasil diskusi

VI. ALOKASI WAKTU
 4 x 45 Menit

VII. SUMBER BELAJAR
 Bambang Suteng, dkk(2006), Pendidikan Kewarganegraan untuk SMA, Jakarta, Penerbit Erlangga.
 Budiyanto,(2006),Pendidikan Kewarganegaraan untuk SMA, Jakarta, Penerbit Erlangga.
 Drs. Chotib,dkk (2006),Pendidikan Kewarganegaraan untuk SMA, Jakarta, Penerbit Yudhistira.
 Retno Listyarti dan Setiadi, (2006), Pendidikan Kewarganegaraan untuk SMA, Jakarta, Penerbit Erlangga.
 Undang-Undang Dasar 1945.
 Sumber lain yang relevan dengan pembahasan materi (media cetak atau elektronik).

SILABUS
Mata Pelajaran : Pendidikan Kewarganegaraan
Kls/Program : XII IPA, IPS, Bahasa, Agama
Semester : 2
Standar Kompetensi : 4. Mengevaluasi dampak globalisasi
Alokasi Waktu : 16 x 45 Menit

I. KOMPETENSI DASAR
4.3. Menentukan sikap terhadappengaruh dan implikasi globalisasi terhadap bangsa dan
Negara.

II. MATERI PEMBELAJARAN
 Sikap terhadap globalisasi :
• Mengelola globalisasi
• Memperkuat akar kebangsaan
 Implikasi globalisasi terhadap bangsa dan negara
 Sikap selektif terhadap pengaruh globalisasi

III. KEGIATAN PEMBELAJARAN
 Mengkaji berbagai sumber tentang sikap terhadap globalisasi (mengelola globalisasi dan memperkuat akar kebangsaan).
 Mengaji literatur tentang implikasi globalisasi terhadap bangsa dan negara
 Mengkaji berbagai sumber tentang sikap selektif terhadap pengaruh globalisasi
 Diskusi tentang implikasi globalisasi dan sikap slektif terhadap pengaruh globalisasi

IV. INDIKATOR
 Mendeskripsikan cara mengelola globalisasi
 Mendeskripsikan cara memperkuat akar kebangsaan
 Mendeskripsikan kebijakan bangsa dan negara menghadapai implikasi globalisasi
 Menunjukkan contoh sikap selektif terhadap pengaruh globalisasi.
 Menyimpulkan hasil diskusi terhadapimplikasi dan sikap selektif terhadap pengaruh globalisasi.

V. PENILAIAN
 Tugas kelompok/individu
 Pilihan ganda/uraian
 Presentasi hasil diskusi

VI. ALOKASI WAKTU
 4 x 45 Menit

VII. SUMBER BELAJAR
 Bambang Suteng, dkk(2006), Pendidikan Kewarganegraan untuk SMA, Jakarta, Penerbit Erlangga.
 Budiyanto,(2006),Pendidikan Kewarganegaraan untuk SMA, Jakarta, Penerbit Erlangga.
 Drs. Chotib,dkk (2006),Pendidikan Kewarganegaraan untuk SMA, Jakarta, Penerbit Yudhistira.
 Retno Listyarti dan Setiadi, (2006), Pendidikan Kewarganegaraan untuk SMA, Jakarta, Penerbit Erlangga.
 Undang-Undang Dasar 1945.
 Sumber lain yang relevan dengan pembahasan materi (media cetak atau elektronik)

SILABUS
Mata Pelajaran : Pendidikan Kewarganegaraan
Kls/Program : XII IPA, IPS, Bahasa, Agama
Semester : 2
Standar Kompetensi : 4. Mengevaluasi dampak globalisasi
Alokasi Waktu : 16 x 45 Menit

I. KOMPETENSI DASAR
4.4. Mempresentasikan tulisan tentang pengaruh globalisasi terhadap bangsa dan negara
Indonesia.

II. MATERI PEMBELAJARAN
 Tulisan tentang globalisasi :
• Langkah-langkah penulisan ilmiah
• Sistimatika penulisan
• Pembuatan karya tulis
• Presentasi karya tulis

III. KEGIATAN PEMBELAJARAN
 Meresensi berita, , artikel dari buku, surat kabar, televisi,internet, dll tentang pengaruh globalisasi terhadap kehidupan berbangsa dan bernegara.
 Mengkaji sumber belajar tentang sistimatika penulisan ilmiah
 Menyusun tulisan ilmiah tent5ang pengaruh globalisasi terhadap bangsa dan negara Indonesia.
 Mempresentasikan hasil tulisannya di depan kelas dan ditanggapi oleh teman-temannya.

IV. INDIKATOR
 Meresensi tulisan tentang pengaruh globalisasi dalam kehidupan berbangsa dan bernegara.
 Menddskripsikan sistimatika penulisan ilmiah
 Membuat karya tulis tentang engaruh globalisasi
 Mempresentasikan tulisan tentang pengaruh globalisasi

V. PENILAIAN
 Tugas kelompok/individu
 Pilihan ganda/uraian
 Presentasi hasil diskusi

VI. ALOKASI WAKTU
 6 x 45 Menit

VII. SUMBER BELAJAR
 Bambang Suteng, dkk(2006), Pendidikan Kewarganegraan untuk SMA, Jakarta, Penerbit Erlangga.
 Budiyanto,(2006),Pendidikan Kewarganegaraan untuk SMA, Jakarta, Penerbit Erlangga.
 Drs. Chotib,dkk (2006),Pendidikan Kewarganegaraan untuk SMA, Jakarta, Penerbit Yudhistira.
 Retno Listyarti dan Setiadi, (2006), Pendidikan Kewarganegaraan untuk SMA, Jakarta, Penerbit Erlangga.
 Depag RI, (2000) Pedoman Penyususnan Karya Tulis Ilmiah, Jakarta.
 Undang-Undang Dasar 1945.
 Sumber lain yang relevan dengan pembahasan materi (media cetak atau elektronik).

Suka Dengan Artikel Ini ?

0 komentar "SILABUS PKn KELAS XII SMA/MA", Baca atau Masukkan Komentar

Post a Comment

Komentarnya donk sedikit.......

 
 
Copyright © 2013. Perangkat Pembelajaran KTSP - All Rights Reserved
Design by Luhur Muhammad Fatah | Powered By Blogger.com